Senin, 22 Februari 2010

Kenapa Harus Menggunakan Credit Card???

Di zaman yang semakin maju, produk-produk pelayanan yang ditawarkan oleh bank dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat luas. Hal ini tercermin dari semakin banyaknya masyarakat menggunakan jasa bank. Salah satu produk yang ditawarkan oleh bank yaitu produk berupa kartu kredit (credit card).
Kegunaan credit card sangat beragam diantaranya untuk melakukan transaksi pembelanjaan di merchant, penarikan uang (cash advance), dll. Sebagian besar masyarakat memanfaatkan kartu kredit untuk melakukan pembelanjaan, karena dengan menggunakan kartu kredit lebih praktis dan nyaman karena tidak perlu mengeluarkan uang secara tunai. Kartu kredit sangat bermanfaat pada saat keadaan darurat dimana kita tidak mempunyai uang tunai.
Kartu kredit juga akan menimbulkan dampak buruk apabila tidak ada batasan terhadap diri sendiri dalam penggunaan kartu kredit. Dampak yang biasanya terjadi dalam penggunaan kartu kredit diantaranya menunggak dalam melakukan pembayaran, bunga yang tinggi, denda keterlambatan (late charge) yang pada akhirnya akan menjadi beban untuk para pengguna kartu kredit. Dampak buruk lainnya dari ketidakmampuan untuk membayar cicilan kartu kredit diantaranya adanya black list dari Bank Indonesia.
Banyaknya program-program yang ditawarkan dalam penggunaan kartu kredit akan membuat masyarakat tergoda untuk terus menggunakan fasilitas kartu kredit tanpa memikirkan sudah berapa banyak tagihan yang harus dibayarkan. Ketidakmampuan untuk membayar tagihan tersebut, akan menimbulkan masalah, karena apabila dalam jangka waktu tertentu tidak bisa diselesaikan maka pihak bank akan mendatangkan debt collector yang akan memaksa untuk membayar tagihan tersebut. Dengan adanya dampak dari penggunaan kartu kredit tersebut, mengapa masih banyak masyarakat yang menggunakan kartu kredit?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar