Sabtu, 22 Januari 2011

Pengaruh KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) di Indonesia

Pada saat ini, istilah KKN sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kasus-kasus yang terjadi di negara ini yang mencerminkan tindakan dari KKN itu sendiri. KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme)merupakan suatu permasalahan yang sangat krusial yang harus segera diselesaikan oleh para aparatur negara yang didukung oleh segenap masyarakat Indonesia, karena dampak yang ditimbulkan dari kkn tersebut bersifat menyeluruh dan merugikan seluruh masyarakat.
Kasus KKN di Indonesia tergolong cukup tinggi karena tidak hanya terjadi pada masyarakat tingkat atas tetapi masyarakat bawah pun seringkali melakukan apa yang disebut dengan istilah KKN. Hal ini yang menimbulkan suatu pemikiran, apakah saat ini KKN sudah menjadi budaya yang melekat dalam diri masyarakat Indonesia sehingga terjadinya KKN dilingkungan masyarakat sudah dianggap hal yang biasa?. Paragidma ini yang harus dihapus dari pemikiran masyarakat Indonesia, karena dengan dukungan seluruh masyarakat, praktek KKN yang terjadi akan segera dapat diatasi.
Praktek KKN yang sekarang sedang terjadi di negara kita, sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di Indonesia, karena KKN ini menyebabkan orang kaya semakin kaya dan orang miskin semakin terpuruk. KKN ini dapat menghambat perkembangan perekonomian Indonesia karena pendapatan yang seharusnya diperoleh oleh negara menjadi lebih kecil dari yang seharusnya dapat dicapai contohnya masalah mafia pajak Gayus Tambunan.
Menurut Theodore M. Smith, penyebab terjasinya KKN diantaranya gaji aparat birkrasi yang rendah, sikap mental yang rendah, buruknya kondisi ekonomi secara umum, administrasi lemah dan pengawasan yang kurang. Secara umum keempat penyebab tersebut saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain.
Bila dicermati dari penyebab tersebut, sikap mental masyarakat merupakan hal yang paling dominan menjadi penyebab terjadinya praktek KKN. Sikap mental yang rendah dan adanya kesempatan, KKN di Indonesia tidak akan pernah berakhir dan akan terus terjadi di Indonesia.
KKN merupakan permasalahan yang menyangkut aspek mendasar yaitu sikap mental bangsa Indonesia, maka masyarakat di negara ini harus dapat memperbaiki dan melakukan perubahan terhadap individu masing-masing untuk menjadi pribadi dan masyarakat antikorupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar